10 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Peregangan

Sebelum latihan kebugaran, seseorang harus memberikan pentingnya melakukan pemanasan atau peregangan latihan untuk mencegah kecelakaan atau untuk meningkatkan hasil selama pelatihan. Ada juga sejumlah langkah pencegahan dan tips untuk dijadikan pedoman saat melakukan latihan kebugaran. Ini beberapa di antaranya.

1. Untuk meningkatkan fleksibilitas Anda dan untuk menghindari cedera, regangkan sebelum dan sesudah latihan. Hampir semua orang tahu bahwa peregangan sebelum latihan mencegah cedera selama latihan, tetapi hanya sedikit orang yang tahu bahwa peregangan setelah latihan, ketika otot masih hangat, dapat meningkatkan fleksibilitas.

2. Tahan posisi peregangan Anda selama lebih dari 60 detik untuk meningkatkan fleksibilitas. Meskipun menahan posisi Anda selama 20 detik sudah cukup untuk pemanasan, menahan setiap posisi selama setidaknya 60 detik akan mengembangkan fleksibilitas tubuh.

3. Jangan masuk ke posisi peregangan lalu segera kembali ke posisi santai, dan lakukan berulang kali. Ini lebih tepat disebut memantul saat dalam posisi. Saat melakukan peregangan, tahan posisi itu selama beberapa detik, lalu perlahan-lahan rileks. Anda dapat melakukan latihan ini berulang kali dengan cara ini. Memantul atau memaksa diri Anda ke posisi selama peregangan dapat menyebabkan ketegangan atau kerusakan pada beberapa sendi atau otot.

4. Bekerja perlahan secara bertahap alih-alih segera melanjutkan untuk melakukan latihan atau posisi yang paling sulit.

5. Pastikan Anda telah meregangkan atau menghangatkan semua kelompok otot. Bagi sebagian orang, bahkan jika mereka memiliki tubuh yang kuat, mereka cenderung mengabaikan leher ketika berolahraga karena peregangan. Meregangkan otot leher bisa sesederhana menempatkan telapak tangan di depan kepala dan mendorongnya. Kemudian, lakukan hal yang sama ke samping dan belakang kepala.

6. Regangkan secara teratur untuk terus meningkatkan jangkauan gerakan Anda dan tingkat fleksibilitas dan kekuatan Anda.

7. Latihan hanya mempertimbangkan kemampuan Anda dan bukan orang lain. Jangan memaksakan diri untuk melakukan latihan yang belum mampu Anda lakukan hanya karena ada orang yang bisa melakukannya. Tingkatkan batas Anda perlahan-lahan. Dengarkan tubuh Anda. Ada hari-hari ketika tubuh Anda mungkin terlalu lelah sehingga Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk mengurangi rentang gerak Anda.

8. Belajar beristirahat. Beristirahatlah di antara set dan stasiun untuk memastikan bahwa tubuh memiliki cukup waktu untuk memulihkan energinya. Juga, disarankan agar Anda tidak menggunakan kelompok otot yang sama secara berurutan selama dua hari. Otot-otot tumbuh selama periode ketika Anda beristirahat dan tidak ketika Anda berolahraga.

9. Lakukan latihan aerobik untuk menguatkan hati Anda. Latihan aerobik adalah aktivitas fisik yang membutuhkan banyak oksigen untuk bahan bakar. Ini termasuk latihan kardiovaskular seperti lompat tali, lari atau berenang.

10. Musik dapat membantu Anda ketika Anda ingin berlatih untuk waktu yang lama atau untuk meningkatkan intensitas Anda. Anda dapat menggunakan pemutar mp3, pemutar CD atau penerima radio ringan untuk ini. Pastikan Anda membawa headset agar tidak mengganggu orang yang tidak suka musik saat berolahraga.

Selain mencegah cedera dan meningkatkan batas seseorang, dikatakan juga bahwa peregangan baik untuk tubuh yang lelah dan juga untuk pikiran dan jiwa yang stres.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>